iklan publik

Promo


Sumber gambar : https://pixabay.com/en/sunflower-summer-yellow-flora-175821/


Bunga matahari atau jika dalam bahasa latin Helianthus annuus L. adalah tumbuhan berbentuk menyerupai matahari yang termasuk kedalam famili compositae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Peru Amerika Latin, bunga matahari dikatakan juga sebagai bunga semusim, karena bunganya tidak akan bertahan lama, bunga matahari yang suda mekar sempurna akan cepat layu. Di Indonesia, bunga matahari sudah di teliti sejak tahun 1970. Bunga matahari untuk tujuan di konsumsi pada umumnya memiliki bunga yang lebar dan batang yang tinggi. Bunga matahari dapat di kategorikan sebagai tanaman hias dan pangan, karena biji nya yang dapat di konsumsi, selain biji, minyak Bunga matahari juga dapat dijadikan sebagai suplemen kulit, karena banyak mengandung vitamin E. Bentuk nya yang indah meyerupai matahari menjadikan tanaman ini banyak di sukai setiap orang. Cocok di tanam di kebun, di pekarangan rumah maupun di tempat keramaian. 

Jenis-jenis dan varian  bunga matahari yang tersebar di penjuru dunia sangat banyak. Beberapa nama varian bunga matahari diantaranya ada bunga matahari teddy bear karena menyerupai kepala beruang, bunga matahari giant karena ukuran bunganya yang besar, procut peach, little leo, bonsai, evening sun, the joker, mammoth grey, jumbo single, maica leaf, moulin rouge, dwarf zebulon, italian white, Giant sungold, velvet queen, fiesta del, sun pot, multiblooms, unique petals, maximillian,sunzilla, american giant, israeli giant, pink sun flower, stella gold, lemon queen.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan           : Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asterids
Ordo                  : Asterales
Famili                : Asteraceae
Upafamili          : Helianthoideae
Bangsa               : Heliantheae
Genus                : Helianthus

Karakteristik
Karakteristik dari tanaman ini adalah memiliki daun tunggal lebar. di bagian batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang. tetapi beberapa varian tanaman bunga matahari memiliki cabang, contoh nya bunga matahari stella gold. Bunga matahari juga dapat di budidayakan karena memiliki manfaat yang sangat banyak terutama dari biji nya.

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top