iklan publik

Promo

SEJARAH SINGKAT



Prem (bahasa Inggris:plum) bisa merujuk pada pohon dan buah yang memiliki nama yang sama. Prem merupakan bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Subgenus ini dibedakan dengan subgenera yang lain (didalamnya termasuk persikceri, dan yang lainnya) karena memiliki kuntum terminal dan kuntum-kuntum sampingannya berdiri sendiri, tidak terkumpul dalam satu bagian, bebungaannya berkelompok 1-5 bersama-sama dalam satu cabang pendek. Lengkapnya Prem atau Plum adalah buah dengan warisan kuno Asia Barat. Buah Plum berasal dari area dekat Pegunungan Kaukasus yang berbatasan dengan Laut Kaspia. Pohon Plum diperkenalkan ke tanah Amerika Utara pada tahun 1856 oleh Louis Pellier, seorang pemilik nurseris Perancis yang datang ke California pada tahun 1848 untuk mencari emas. Setelah usaha pertambangan gagal, Pellier membeli tanah di Santa Clara Valley yang subur dan terus menanam pohon D'Agen Plum. Dewasa ini D'Agen Plum dikenal sbagai Prem California Perancis dan mencapai 99% dari produksi negara. California menghasilkan Plum hampir untuk seluruh Amerika Serikat dan sekitar 70% diantaranya memasok kebutuhan dunia.


JENIS TANAMAN



Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Maloideae or Spiraeoideae 
Genus: Prunus
Upagenus: Prunus




Di dunia ini terdapat ribuan jenis plum yang berbeda bentuk, ukuran, warna dan rasa. Plum dibedakan menjadi 2 jenis utama, yaitu:
  • Plum Eropa (barat): berwarna merah tua keunguan, agak empuk, rasanya manis, namun kurang berair.
  • Plum Jepang dan Asia Barat (oriental) : berwarna hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis dan berair banyak.
Plum yang ada di Indonesia tergolong jenis plum asia barat dengan warna hijau kekuningan, rasanya asam manis dan banyak air berbeda dengan plum eropa yang berwarna merah keunguan, rasanya manis tetapi mengandung sedikit air.buah ini juga sering disebut stone fruit (buah berbiji keras)memiliki daging buah yang tebal.




SYARAT PERTUMBUHAN
Plum tumbuh liar sejak 2000 tahun yang lalu dan tumbuh di daerah bersuhu sedang hampir sepanjang tahun. 

MANFAAT TANAMAN
didalam buah plum terkandung phytochemical atau ferulic acid, yang dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker usus. Plum juga mengandung diphenylisation yang dapat digunakan sebagai obat pencuci perut (pencahar) dan dapat mengatasi sembelit.
Kultivar Prunus
didalam plum juga mengandung hydroxycinnamate, sejenis antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung. Buah plum juga mengandung borron, sejenis mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga mengkonsumsi 10 – 12 buah plum yang dikeringkan per hari dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang dan mengurangi resiko ostheoporosis.

Dari penelitian terbaru dinyatakan bahwa plum dapat mengatasi kanker payudara dan kanker usus besar. karena plum mengandung fitonutrien unik atau zat antikanker, yaitu asam neochlorogenic dan klorogenat, zat ini dapat membunuh sel kanker yang ganas.

Begitu banyak manfaat buah plum, vitamin C yang terkandung didalamnya dapat mencegah penyakit flu dan pilek, menetralisir radikal bebas, mencegah penyakit rhematoid arthritis, kanker usus, dan asma. Buah plum ini selain bisa dimakan segar atau buat campuran koktail bisa juga di buat sambal.

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top