iklan publik

Promo

SEJARAH SINGKAT



Blackberry merupakan buah yang dapat dimakan diproduksi oleh beberapa spesies dalam genus Rubus dari famili Rosaceae. Buah ini sebenarnya bukanlah merupakan berry, secara botani itu disebut buah agregat, terdiri dari drupelet kecil. Tanaman biasanya berumur dwitahunan dan akar tongkat abadi. Blackberry dan raspberry juga disebut caneberries atau semak berduri. Ini adalah kelompok besar, dan dikenal lebih dari 375 spesies, banyak yang berhubungan erat dengan mikrospesies apomiktis asli di seluruh belahan bumi utara iklim sedang dan Amerika Selatan.

JENIS TANAMAN

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Genus: Rubus
Upagenus: Rubus (formerly Eubatus)
Species
Rubus ursinus
Rubus argutus
Rubus caesius
Rubus chamaemorus
Rubus fruticosus
Rubus fruticosus
Rubus glaucus
Rubus laciniatus
Rubus ulmifolius
Dan ratusan mikrospesies lainnya
(subgenus juga meliputi dewberi)
Ada dua jenis pohon blackberry, tegak dan menjalar. Perbedaan utamanya adalah cara pertumbuhan batangnya. Jenis pohon blackberry tegak memiliki batang yg lebih besar, sedang pohon Blackberry menjalar batangnya agak kecil dan tidak begitu kuat. Pohon blackberry tegak lebih tahan cuaca dingin daripada yang menjalar. Semua tanaman blackberry dapat hidup selama bertahun-tahun. 
Di belahan bumi Utara, bunga Blackberry hanya mekar selama 2 minggu dari pertengahan hingga akhir bulan Juni. Buah Blackberry mulai tumbuh pertengahan bulan Juli, mulanya kecil, hijau, keras, dan asam ketika menjadi lebih besar dan masak warnanya hitam dan rasanya manis. Buah yang masak dan mentah sering muncul pada tanaman pada waktu yang sama. Semua orang menyukai buah blackberry yang lezat, dan puluhan jenis blackberry dapat tumbuh di seluruh Amerika Serikat.
SENTRA TANAMAN 
Budidaya terjadi di negara bagian Oregon yang terletak di Amerika Serikat. Tercatat pada tahun 1995 dan 2006: 6.180 hektar (25 km2) menjadi 6.900 hektar (28 km2) blackberry, memproduksi 42,6-41.500.000 pound, membuat Oregon produsen blackberry terkemuka di dunia.
MANFAAT TANAMAN
Blackberry merupakan buah lunak, populer untuk digunakan dalam makanan pencuci mulut, selai, jeli tanpa biji dan kadang-kadang dijadikan "wine". Blackberry juga sering dicampur dengan apel untuk kue. Karena ada bukti forensik dari Zaman Besi Perempuan Haraldskær mengkonsumsi blackberry 2500 tahun yang lalu, maka wajar untuk menyimpulkan bahwa blackberry telah dimakan oleh manusia selama ribuan tahun. Ekstrak tanaman ini kaya akan anthrocyanin, flavonoid, dan senyawa fenol. Blackberry juga mempunyai kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC) melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen.
Blackberry yang terkenal karena kandungan gizi yang tinggi serat, vitamin C, vitamin K, asam folat - vitamin B, dan mineral esensial, mangan. Buah Blackberry mengandung sejumlah besar anthocyanocides, yang terdapat dalam pigmen yang memberinya warna. Anthocyanocides adalah antioksidan kuat yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dan juga berperan sangat penting dalam mencegah penyakit jantung, kanker dan stroke.

Nilai Gizi Nutrisi dalam blackberry liar per 100 gram Nutrisi dalam blackberry liar - % Nilai Harian
Energi 43 kkal
Fiber, total diet 5,3 g - 21%
Gula, total 4,9 g
Kalsium, Ca 29 mg  - 3%
Magnesium, Mg 20 mg  - 5%
Mangan, Mn 0,6 mg  - 32%
Tembaga, Cu 0,2 mg  - 8%
Kalium, K 162 mg  - 5%
Sodium, Na 1 mg  - 0%
Vitamin C, asam askorbat 21 mg total  - 35%
Vitamin A, IU 214 IU  - 4%
Vitamin K, mg 20 mg  - 25%
Asam folat, mg 36 mg  - 9%
Carotene, beta 128 mg  - ne
Lutein + zeaxanthin 118 mg  - ne


0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top