iklan publik

Promo


Bambu kuning atau dalam bahasa latin bambusa vulgaris. Adalah Bentuk vulgaris yang terdiri dari batang yang tidak berduri. Memiliki batang berwarna lemon-kuning, dengan garis-garis hijau dan daun hijau gelap.  Batang tidak lurus, batang yang padat berumbai tumbuh antara 10-20 m (30-70 kaki) dan tinggi4-10 cm (2-4 in). Batang yang lurus akan membungkuk secara menyilang di arah yang berbeda,dan dengan ujung yang terkulai. bambu ini memiliki dinding batang yang sedikit tebal. Ruas yang memiliki jarak 20-45 cm (7,9-17,7 in). 
Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis. Di kawasan Asia Tenggara, bambu jenis ini banyak dibudidayakan. bahkan sampai diperjual belikan. Bambu kuning sering dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman hiasan di perkotaan. Sebagian orang percaya bambu kuning dapat menangkal mahluk gaib.

Scientific classification
Kingdom  :     Plantae
(unranked):     Angiosperms
(unranked):     Monocots

(unranked):     Commelinids
Order        :     Poales
Family      :     Poaceae
Subfamily:     Bambusoideae
Supertribe:     Bambusodae
Tribe        :     Bambuseae
Subtribe   :     Bambusinae
Genus      :     Bambusa
Species    :     B. vulgaris
Binomial name
Bambusa vulgaris
Schrad. ex J.C.Wendl.
Synonyms
    Arundarbor blancoi (Steud.) Kuntze
    A. fera (Oken) Kuntze
    A. monogyna (Blanco) Kuntze
    A. striata (Lindl.) Kuntze
    Arundo fera Oken
    Bambusa auriculata Kurz
    B. blancoi Steud.
    B. fera (Oken) Miq.
    B. monogyna Blanco
    B. nguyenii Ohrnb.
    B. sieberi Griseb.
    B. striata Lodd. ex Lindl.
    B. surinamensis Rupr.
    B. thouarsii Kunth
    Gigantochloa auriculata (Kurz) Kurz
    Leleba vulgaris (Schrad. ex J.C.Wendl.) Nakai
    Nastus thouarsii (Kunth) Raspail
    Nastus. viviparus Raspail
    Oxytenanthera auriculata (Kurz) Prain
Penanaman
Bambu kuning dapat di budidayakan dengan cara di stek, di cangkok dan kultur jaringan. cara yang paling banyak dilakukan dan mudah adalah stek rumpun atau cabang. Umumnya, rumpun yang akan distek adalah rumpun yang tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua. Bambusa vulgaris dapat tumbuh dengan spontan atau alamiah, hidup  di tepi sungai, pinggir jalan, tanah terlantar dan tanah terbuka, umumnya bambu kuning tumbuh pada ketinggian rendah. namun ketika budidaya akan tumbuh sangat kuat apabila di tanam di media tanah yang lembab dan dalam kondisi lembab. pada musim kemarau tanaman bambu bisa menjadi benar-benar kering tapi dapat memulihkan diri setelah musim hujan. jenis bambu ini bisa bertahan hidup pada suhu rendah sampai -3 ° C dan memiliki adaptasi yang tinggi pada keadaan cuaca agak kering, dan ketika lahan terdegradasi dan banjir.


SUMBER REFERENSI:WIKI BAMBU SOURCE,

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top