iklan publik

Promo

SEJARAH SINGKAT

ining bawang (Hornstedtia alliacea) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah anggota suku jahe-jahean(Zingiberaceae). Buahnya yang manis agak masam biasa dimakan dalam keadaan segar. Nama lainnya adalahketimbang ketanim (Lampung).
JENIS TANAMAN
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Genus: Hornstedtia
Spesies: H. alliacea
Nama binomial
Hornstedtia alliacea
(Teijsm. & Binn.) Valeton (1912)


Terna tahunan yang ramping, tumbuh hingga tinggi 3,5 m, membentuk rumpun yang rapat. Rimpang tertanam dangkal atau mencuat di permukaan tanah. Daun bentuk lanset sempit terbalik, 55–65 × 5–12 cm, gundul di kedua permukaannya, berujung meruncing seperti ekor.
Bunga dalam tandan berbentuk gelendong, lk. panjang 11 cm termasuk tangkainya. Labellum[4] panjang 3 cm, jauh lebih panjang daripada mahkota bunga, tengahnya menebal, dengan ujung membundar bertepi menggelombang. Ketika menjadi buah, tandan kemudian menggembung serupa bawang besar, berdiameter 4-5 cm; buah buni majemuk tertutupi daun pelindung berlapis-lapis, bentuk jorong, 3 × 2 cm. Biji-biji kecil, lk. 2 mm, kehitaman, terlindung salut biji putih keperakan serupa lendir yang asam manis rasanya.
MANFAAT TANAMAN
Pining bawang (Hornstedtia alliacea) dari Gunung Malang, Cikidang, Sukabumi
Buahnya terutama dimakan dalam keadaan segar, disukai karena salut bijinya yang mengandung banyak sari buah yang masam manis rasanya. Buah ini juga bisa dibuat sebagai manisan.
SENTRA PENANAMAN
Hidup liar dan terpencar-pencar di hutan atau kebun talun, terutama pada tanah lembap yang kaya akan humus. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan ujung rimpang yang berakar, meski hanya kadang-kadang saja dibudidayakan.
Menyebar di Indonesia (Jawa, Sumatra) dan Semenanjung Malaya, termasuk di wilayah Thailand.


Sumber : wikipedia.-Pining_bawang

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top