iklan publik

Promo

SEJARAH SINGKAT


Guarana (ejaan Inggris: [ˌɡwɑrəˈnɑː], dari bahasa Portugis guaranáPaullinia cupana (syn. P. crysan, P. sorbilis) adalahtanaman merambat yang juga berkeluarga dengan mapleSapindaceaeGuarana pertama kali ditemukan di Hutan Hujan Amazon (terutama di wilayah Manaus dan Paratins) di Jaman Pertengahan. dan terkenal di Brazil. Guarana memiliki daun-daun yang besar dan bunga yang berkelompok, dan dikenal karena buahnya, yang besarnya sama dengan biji kopiDalam penelitian botani.

i tahun 1821, para ahli botani Dr. Bavplana dan Dr. Humboldt, menamai tumbuhan ini sebagai Paulina Cupana. Guarana pertama kali digunakan oleh orang-orang asli Indian untuk menamai tanaman yang membelit dan tumbuh di atas suatu jenis pohon yang disebut Paulina Cupana. Di dalam kebudayaan Indian, pohon Paulina Cupana adalah warisan penting yang harus diturunkan kepada anak-cucu. Orang-orang Indian menganggap Paulina Cupana sebagai pohon keramat. Reputasi sebagai pohon keramat ini bermula dari era permusuhan (warring era), dimana pada kurun waktu itu orang-orang Indian mengunyah biji Guarana untuk menjaga tubuh mereka tetap kuat. Di sepanjang wilayah Amazona, terdapat sebuah "Kota umur Panjang" yang termasyur di dunia yang disebut Maues dimana rata-rata rentang umur penduduknya adalah di atas 80 tahun, dengan 3 dari setiap 1000 orang berumur sampai di atas 100 tahun. Explorasi terhadap kekuatan misterius ini oleh berbagai akademisi mengarah pada penemuan rahasia untuk umur panjang ini. Yakni sebuah tanaman yang disebut Guarana yang dihasilkan secara lokal di Maues. Terlepas dari memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan ajaib Guarana, para penduduk di Maues diberkati dengan keajaiban kesehatan yang baik dan umur panjang. Dikatakan bahwa apabila penduduk setempat pergi berburu di hutan, mereka akan membawa beberapa biji Guarana untuk dikunyah. Dengan melakukan hal itu, mereka tetap enerjik sekalipun mereka tidak makan sampai hari berikutnya. Orang–orang aborigin di Maues lebih baik dibanding orang-orang aborigin di tempat lain dalam hal stamina, jasmani dan rohani.

JENIS TANAMAN
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudikotil
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Paullinia
Spesies: P. cupana
Nama binomial
Paullinia cupana
Kunth

Guarana memiliki daun-daun yang besar dan bunga yang berkelompok, dan dikenal karena buahnya, yang besarnya sama dengan biji kopi

MANFAAT TANAMAN


Sebagai suplemen diet, guarana adalah penambah energi yang efektif karena mengandung kafeina dua kali lebih banyak daripada kafeina yang terkandung dalam biji kopi (kurang lebih 2–4.5% kafeina di biji guarana dibandingkan 1–2% untuk biji kopi).Terlepas dari memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan ajaib Guarana, para penduduk di Maues diberkati dengan keajaiban kesehatan yang baik dan umur panjang. Dikatakan bahwa apabila penduduk setempat pergi berburu di hutan, mereka akan membawa beberapa biji Guarana untuk dikunyah. Dengan melakukan hal itu, mereka tetap enerjik sekalipun mereka tidak makan sampai hari berikutnya. Orang–orang aborigin di Maues lebih baik dibanding orang-orang aborigin di tempat lain dalam hal stamina, jasmani dan rohani.
Mereka menyebut Guarana sebagai obat untuk tetap muda selamanya. Penelitian menunjukkan bahwa biji Guarana adalah sumber energi fundamental dengan fungsi penyembuhan yang unik. Oleh karena itu orang-orang Indian setempat menganggap biji Guarana sebagai permata mulia yang membawa kesehatan dan umur panjang.

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top