iklan publik

Promo

SEJARAH SINGKAT
Citrus lemon
Pohon lemon awalnya dibudidayakan di India, dan dibawa ke Italia sekitar tahun 200 Masehi, Selama abad kedelapan hingga kesebelas, pohon lemon populer di sebagian besar Timur Tengah dan Mediterania, serta di Cina. Pohon lemon diperkenalkan ke Amerika oleh penjelajah Spanyol dan pertama kali ditanam di California pada pertengahan tahun 1700-an.Sitrunjeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.


JENIS TANAMAN
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: C. limon
Nama binomial
Citrus limon
(L.) Burm.f.

Pohon lemon bisa tumbuh hingga setinggi 6 meter. Meskipun tinggi, pohon lemon juga bisa ditanam di pot asal sering dipangkas agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Daun pohon lemon memiliki panjang sekitar 5 cm hingga 10 cm, dan memiliki buah dengan ukuran yang hampir sama. selain itu, pohon ini menghasilkan buah berwarna kuning yang memiliki rasa asam khas. Bunga pohon lemon memiliki aroma mirip buah lemon dan berwarna kemerahan saat masih kuncup dan berwarna putih setelah mekar.terdapat beberapa lusin varietas pohon lemon. Beberapa varietas memiliki biji, sedang yang lain tanpa biji. Beberapa varietas pohon lemon paling populer diantaranya termasuk Eureka dan Lisbon di AS, serta Ovalem Femminello di Italia.

MANFAAT TANAMAN
Banyak bagian yang bermanfaat dari pohon lemon mulai dari buahnya, daun yang memiliki nilai dekoratif, serta bunga yang berwarna menarik. selain itu lemon juga dapat digunakan  sebagai bumbu makanan hingga digunakan sebagai pembersih. Lemon Meyer biasanya dipilih sebagai penghias kebun atau ditanam di dalam ruangan karena bentuk pohon, buah yang manis, dan ketahanannya terhadap cuaca, 


SYARAT TUMBUH
Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil,Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F). Pohon lemon tumbuh baik di daerah beriklim hangat. Bunga dan buah lemon akan rontok serta pohon menjadi mati pada suhu di bawah titik beku. 

SENTRA TANANAMAN
Negara penghasil lemon diantaranya adalah Guatemala, Argentina dan Chile di Amerika Tengah dan Selatan, serta Italia, Spanyol, Yunani dan Turki di Eropa.Beberapa kultivarnya antara lain 'Eureka', 'Lisbon' dan 'Meyer'.

0 komentar:

Post a Comment

Kesempatan anda

 
Top